Sholatlah Sebelum Di Shalatkan

Sholatlah Sebelum Di Shalatkan

Shalat menjadi bagian terpenting dalam kehidupan umat Islam. Dalam rukun Islam tercantum Shalat adalah rukun kedua setelah syahadat. Selain itu pula sholat digambarkan seperti sebuah tiang dalam sebuah bangunan Islam. Logikanya jika ada orang yang ingin membangun rumah, tidak akan pernah berdiri rumah tersebut tanpa tiang yang menyangganya. Maka demikian halnya jika ada orang yang mengaku Islam tapi dalam kehidupan kesehariannya tidak melakukan shalat yang  lima waktu maka tidaklah akan termasuk sebagai  umat islam.

Maka dari itu shalat menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan seorang muslim. Sholat adalah bentuk pengabdian (ibadah) seorang hamba kepada Tuannya, yaitu Allah SWT. Sholat juga sebagai bentuk ungkapan syukur seorang manusia kepada penciptanya, mengapa karena dalam sholat selain gerakan-gerakannya yang tidak lepas dari sebuah makna demikian juga bacaanya. Bacaan-bacaan dalam shalat adalah ungkapan doa, selain doa juga satu bentuk ikrar kesetian kepada Allah SWT dan rasul-Nya, ini terlihat dalam bacaan doa iftitah (pembuka) dalam shalat.

Dalam Allah berpesan, “sesungguhnya shalat itu dapat mencegah manusia dari perbuatan keji dan mungkar/maksiat”

bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, Yaitu Al kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. dan Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Yang menjadi permasalahannya adalah shalat yang seperti apakah yang dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar? Mari kita jawab bersama shalat seperti apakah yang mampu membuat para pelaku shalat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar?

Berkaitan dengan pentingnya melakukan ibadah shalat dalam Islam, maka ada sebuah pernyataan yang sering kita dengan shalatlah sebelum dishalatkan. Selagi hayat masih dikandung badan, selagi Allah memberikan kesehatan, kecerdasan dan kekuatan kepada kita maka jangan pernah tinggalkan shalat sebab shalat adalah identitas, dan amal perbuatan yang pertama akan ditanyakan Allah saat manusia telah kembali pada-Nya

 

 

 

Satu Balasan ke Sholatlah Sebelum Di Shalatkan

  1. abu munir berkata:

    jika ingin hidup bahagia maka jaddikanlah shalat sebagai komsumsi rohani yang utama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s