Halal Dan Haram

Halal dan Haram

Halal dan Haram berkait dengan hukum atau syariat  Islam tentang boleh atau tidaknya seseorang melakukan atau mengkonsumsi sesuatu. Misalnya yang sangat kontroversial bagi mereka yang kurang keyakinannya misalnya tentang pengharaman mengkonsumsi daging babi atau anjing, atau beberapa jenis makanan yang lainya. Pengharaman mengkonsumsi daging babi sudah jelas sekali bagi mereka yang mengimani Islam sebagai sebuah kebenaran. Dasar pengharamannya adalah firman Allah dalam al-Quran, yaitu;

Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah, daging babi dan apa yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah; tetapi Barangsiapa yang terpaksa memakannya dengan tidak Menganiaya dan tidak pula melampaui batas, Maka Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Qs. An-Nahl (16): 115)

Selain ayat tersebut di atas, ada beberapa ayat lain dalam surah yang berbeda namun memiliki isi yang sama dan inti ayat tersebut selain haramnya mengkonsumsi daging babi, Allah juga mengharamkan setiap Muslim untuk mengkonsumsi, bangkai, darah dan hewan lain (meskipun halal) namun jika disembelih tanpa menyebut nama Allah, dilarang untuk di konsumsi. Namun jika ada diantara kita yang terpaksa mengkonsumsinya, Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Terpaksa karena dipaksa, terpaksa karena tidak ada makanan lain, terpaksa karena kebodohannya saat itu. Namun setelah kondisi kembali normal, mudah banyak pilihan makanan halal yang lain, sudah tahu ada larangan tentu harus dikembalikan pada hukum asal.

Bagi seorang muslim, larangan mengkonsumi makanan yang sudah jelas dalil/petunjuk al-Qurannya diterima dengan keyakinan, tanpa kata mengapa diharamkan. Namun tidak ada larangan pula bertanya mengapa diharamkan untuk mengetahui makna larangan itu secara ilmiah, akal. Bagi setiap muslim menyadari bahwa Allah Maha Tahu dibalik segala laranganNya, sebagai hamba, menuruti apa yang menjadi perintah dan larangan-Nya adalah bentuk ketaatan/ibadah kepada-Nya. Karena memang untuk itulah manusia diciptakan. Wallaahu ‘alam.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s