Keimanan

Rukun Iman

Arti Rukun Iman

Rukun berarti dasar, asas atau sendi-sendi. Iman adalah keyakinan atau keparcayaan. Jadi rukun iman dapat diartikan dasar-dasar keyakinanatau kepercayaan  seorang muslim. Mengapa ditambahkan kata muslim? karena konsep rukun iman ini hanya ada dalam ajaran Islam.

Dalil/argumen adanya rukun iman

Yang menjadi acuan atau refernsi konsep rukun Iman ini adalah al-Quran dan hadits Nabi Muhammad SAW. Di dalam al-Quran kita akan menjumpai banyak ayat yang menjelaskan tentang keimanan ini.

Berikut sebuah potongan hadits Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang Iman. Dari Umar radhiyallaahu’anhu, beliau berkata: Pada suatu hari ketika kami duduk di dekat Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba muncul seorang laki-laki yang berpakaian sangat putih dan rambutnya sangat hitam. Pada dirinya tidak tampak bekas dari perjalanan jauh dan tidak ada seorangpun diantara kami yang mengenalnya. Kemudian ia duduk di hadapan Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam, lalu mendempetkan kedua lututnya ke lutut Nabi, dan meletakkan kedua tangannya di atas kedua pahanya, kemudian berkata, “… Lalu terangkanlah kepadaku tentang iman”. (Rasulullaah) menjawab: ”Hendaklah engkau beriman kepada Allah, beriman kepada para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para utusan-Nya, hari akhir, dan hendaklah engkau beriman kepada taqdir yang baik dan yang buruk…” (ringkasan Syarah Arbai’n An-Nawawi, hadits Web 3.0)

Hadits tersebut menjadi dasar ditetapkannya rukun Iman yang kita kenal ada enam point.

Allah

Inti dari iman adalah keyakinan akan adanya Allah. Dalam keyakinan kita sebagai seorang muslim Allah adalah nama dari Sang Pencipta dan Penguasa segala yang ada di jagat semesta ini. Dia Allah, Tuhan Yang Maha Esa, Tidak beranak dan bukan seorang anak, tidak ada yang serupa dengan-Nya dan tidak ada yang dapat disejajarkan dengan-Nya. Ia Yang Maha Ghaib yang menciptakan pula hal yang ghaib dalam kehidupan kita.

Malaikat

Adalah nama dari makhluk Allah yang ghaib dalam pandangan kita manusia. Malaikat adalah makhluk yang setia, tunduk dan patuh menjalankan perintah Allah.

Kitab

Allah SWT memberikan panduan hidup yang berfungsi untuk memberikan petunjuk jalan yang benar kepada umat manusia. Kita mengenal empat jenis kitab suci yang pernah diturunkan kepada para Nabi dan Rasulnya, yaitu tauarat, zabur, injil dan al-Quran.

HaditsWeb 3.0 – Kumpulan dan Referensi Belajar HaditsA:hover {color: #808080}

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s