Marhaban ya Syahrur Ramadhan

Marhaban ya Syahrur Ramadhan

Di pengajian kaum ibu pada saat menjelang ramadhan biasanya sering melaui pengeras suara kerap kali mengumandangkan syair-syair seperti ini, marhaban ya syahrurramadhan, marhaban syahrashiaami, dst. Selamat datang bulan suci ramadhan, selamat datang bulan puasa.

Ramadhan dalam system penanggalan bulan Islam merupakan salah satu dari dua belas bulan yang ada dalam kalender hijriah/qamariah. Ramadhan menjadi salah satu bulan dari beberapa bulan haram, yaitu bulan yang dimuliakan oleh Allah karena keistimewaan yang terjadi pada bulan tersebut. Ramadhan itu sendiri menjadi bulan yang istimewa bagi orang-orang mukmin yang muslim karena pada pagi dan siang harinya mereka diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Selain amalan wajib terdapat pula amalan sunnahnya yang selalu ramai diikuti oleh banyak orang, yaitu shalat tarawih atau qiyamullail.

Selain puasa, tarawih dan memperbanyak bershadaqah, Ramadhan menjadi bulan yang dimuliakan karena pada bulan ini untuk pertama kalinya al-Quran/kalamullaah diwahyukan kepada Nabi terakhir yang Mulia dan tercinta Muhammad SAW. Sedangkan al-Quran itu sendiri selain menjadi bacaan, juga kajian, Al-Quran juga menjadi sumber hukum/Fiqh dalam Islam atau menjadi “Way of Life” bagi mereka-mereka yang mengerti maknanya. Itulah sebabnhya Ramadhan sering juga  sebagai syahrul Quran.

Puasa, qiyamul lain, membaca al_quran dan memperbanyak shadaqah itulah yang menjadi ibadah inti yang mengiri aktivitas kreatif lainnya seperti kajian-kajian ramadhan yang kerap dilakukan oleh banyak orang. Semua dilakukan sebagai bentuk aplikasi nilai-nilai iman dan mengharap cinta dan kasih sayang dari Allah SWT, karena banyak orang meyakini pada bulan ini Allah menebarkan rahman dan rahimnya di muka bumi untuk orang-orang yang beriman dan beramal shaleh dengan ganjaran pahala yang berlipat-lipat.

Maka dari itu Ramadhan menjadi satu bulan yang begitu dinanti dan dirindu kehadirannya oleh setiap mukmin yang muslim, ramadhan begitu dicinta karena keberkahan Allah yang ada pasa setiap hari-harinya. Saat Ramadhan datang jutaan umat mukmin yang muslim mencucurkan air mata karena tidak ingin ketinggalan melakukan moment-moment yang sangat luar biasa menyentuh hati.

MARHABAN SYAHRURRAMADHAN, MARHABAN SYAHRUSHIAAMI, MARHABAN SYAHRUL QURAN SYAHRUL MUBARAKAH

KAMI YANG RINDU BELAIAN MESRA PENUH CINTA DISETIAP HARI-HARIMU

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s