Akhlak

Akhlak

Mr. Gun

Arti Akhlak

Dalam kamus besar bahasa indonesia online kata akhlak diartikan sebagai budi pekerti; kelakuan.[1]. Sebenarnya kata akhlak berasal dari bahasa Arab, dan jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia bisa berarti perangai, tabiat[2] . Sedang arti akhlak secara istilah sebagai berikut; Ibnu Miskawaih (w. 421 H/1030 M) mengatakan bahwa akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Sementara itu, Imam Al-Ghazali (1015-1111 M) mengatakan akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan macam-macam perbuatan dengan gambling dan mudah, tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.[3]

Dari pengertian-pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa akhlak adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan perilaku/perbuatan manusia.

Pembagian Akhlak

Secara umum akhlak atau perilaku/perbuatan manusia terbagi menjadi dua; pertama; akhlak yang baik/mulia dan kedua; aklak yang buruk/tercela.

Macam-macam akhlak

  1. Akhlak terhadap diri sendiri
  2. Aklak terhadap keluarga (Orang tua, akhlak terhadap adik/kakak)
  3. Akhlak terhadap teman/sahabat, teman sebaya
  4. Akhlak terhadap guru
  5. Akhlak terhadap orang yang lebih muda dan lebih tua
  6. Akhlak terhadap lingkungan hidup/linkungan sekitar.

Dan inti dari berkakhlak tersebut diatas intinya adalah berakhlak baik kepada Allah SWT. Karena Allah SWT telah menjadikan diri dan lingkungan sekitar dengan lengkap dan sempurna.

Tugas Manusia/Tindakan Manusia

Allah SWT menciptakan manusia dengan tujuan utama penciptaannya adalah untuk beribadah. Ibadah dalam pengertian secara umum yaitu melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala larangannya dengan penuh kesadaran dan keikhlasan. Manusia diperintahkan-Nya untuk menjaga, memelihara dan mengembangkan semua yang ada untuk kesejahteraan dan kebahagiaan hidup. Dan Allah SWT sangat membeci manusia yang melakukan tindakan merusak yang ada. Maka karena Allah SWT membenci tindakan yang merusak maka orang yang cerdas akan meninggalkan perbuatan itu, dia sadar bahwa jika melakukan per buatan terlarang akan berakibat pada kesengsaraan hidup di dunia dan terlebih-lebih lagi di akhirat kelak, sebagai tempat hidup yang sebenarnya. Maka intinya manusia harus berakhlak yang mulia.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

15 Balasan ke Akhlak

  1. uti berkata:

    mr. gun, kepanjangan

  2. cakra berkata:

    bagus sekali guru saya

  3. Eka 8-9 A berkata:

    Mr. Gunawan! Artikelnya baguus! hahaha, lengkap! Sayangnya copy paste-nya kelihatan banget, hahahaha.. tapi baguuuus kok…😀😀

  4. Wafina berkata:

    artikelnya bagus dan informasinya lengkap….
    tetapi kalo bisa lebih singkat lagi ya, lebih tepatnya singkat dan padat informasinya…hehehe

    Wafina 8-9 A

  5. AL Kuzco berkata:

    Mayan Cukup lengkap tapi anda kurang memasuki informasi untuk data data yang lain =D

  6. Alma Sardadi berkata:

    oke deh mister haha, bagus…….gampang dimengerti, dan ngga rumit, to the point

    yang lain jg kyk gini aja mister, biar ngga susah-susah hehe

  7. Pia berkata:

    bgs……………………………………………

  8. Dhafin berkata:

    Bagus Mr, Memperluas Ilmu tentang akhlak.

  9. fitaa berkata:

    bagus kok mister. .
    walaupun rada muter2 infonya hehe tapi tetep ngerti kok. . ^^

  10. Ahmad S. berkata:

    Assalamu alaikum

    huahua… mister copy paste ya??? wkwkww
    canda mr…

    gut2.. saya bisa mengerti intinya…

    tapi lebih bagus kalau ada dalil2 dari Al-Qur’an…

  11. Ichi berkata:

    ga tw mw ngasi comment ap…bagus aj dah…

  12. Ardya berkata:

    Good………………
    HEHEHEHEHE

  13. uti berkata:

    mr jelek deh.ko beritanya ngarang semua??ya

    wo blognya jlk..!!

  14. uti berkata:

    ahahaha.canda mr

  15. Ping balik: al-islam « ENDANGSETIAWATI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s