Akhlak, definisi dan pembagiannya

Akhlak

Mr. Gun

Arti Akhlak

Dalam kamus besar bahasa indonesia online kata akhlak diartikan sebagai budi pekerti; kelakuan.[1]. Sebenarnya kata akhlak berasal dari bahasa Arab, dan jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia bisa berarti perangai, tabiat[2] . Sedang arti akhlak secara istilah sebagai berikut; Ibnu Miskawaih (w. 421 H/1030 M) mengatakan bahwa akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Sementara itu, Imam Al-Ghazali (1015-1111 M) mengatakan akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan macam-macam perbuatan dengan gambling dan mudah, tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.[3]

Dari pengertian-pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa akhlak adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan perilaku/perbuatan manusia.

Pembagian Akhlak

Secara umum akhlak atau perilaku/perbuatan manusia terbagi menjadi dua; pertama; akhlak yang baik/mulia dan kedua; aklak yang buruk/tercela.

Macam-macam akhlak

  1. Akhlak terhadap diri sendiri
  2. Aklak terhadap keluarga (Orang tua, akhlak terhadap adik/kakak)
  3. Akhlak terhadap teman/sahabat, teman sebaya
  4. Akhlak terhadap guru
  5. Akhlak terhadap orang yang lebih muda dan lebih tua
  6. Akhlak terhadap lingkungan hidup/linkungan sekitar.

Dan inti dari berkakhlak tersebut diatas intinya adalah berakhlak baik kepada Allah SWT. Karena Allah SWT telah menjadikan diri dan lingkungan sekitar dengan lengkap dan sempurna.

Tugas Manusia/Tindakan Manusia

Allah SWT menciptakan manusia dengan tujuan utama penciptaannya adalah untuk beribadah. Ibadah dalam pengertian secara umum yaitu melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala larangannya dengan penuh kesadaran dan keikhlasan. Manusia diperintahkan-Nya untuk menjaga, memelihara dan mengembangkan semua yang ada untuk kesejahteraan dan kebahagiaan hidup. Dan Allah SWT sangat membeci manusia yang melakukan tindakan merusak yang ada. Maka karena Allah SWT membenci tindakan yang merusak maka orang yang cerdas akan meninggalkan perbuatan itu, dia sadar bahwa jika melakukan per buatan terlarang akan berakibat pada kesengsaraan hidup di dunia dan terlebih-lebih lagi di akhirat kelak, sebagai tempat hidup yang sebenarnya. Maka intinya manusia harus berakhlak yang mulia.


[2] Kamus Al-Mufid

52 thoughts on “Akhlak, definisi dan pembagiannya

  1. Menurut saya, manusia yang cerdas memang seharusnya memelihara lingkungan mereka, dan lingkungan di sini termasuk orang-orang disekitarnya seperti keluarga dan teman. Karena, kalau mereka juga tidak dijaga, mereka akan berakiibat buruk juga kepada kita.

    • Pendidikan dan agama yg kuat bukan alasan akhlak kita bisa lebih baik juga benar, Karena akhlak itu susah di pelajari tapi hanya bisa di lihat dan rasakan.

  2. Ahlak adalah sesuatu yang menggambarkan tentang perilaku seseorang yang terdapat dalam jiwa yang baik dimana keluar secara otomatis. Dan jika perilaku didasari dengan perbuatan yang baik dan dibenarkan oleh akal dan syariat maka ia dinamakan ahlak terpuji dan jika sebaliknya ia dinamakan ahlak tercela

    • Akhlak adalah perilaku/perbuatan/sikap/tingkah laku. Sebagai mana kita ketahui akhlak itu ada dua, baik dan buruk. manusia itu diperintahkan untuk berbuat baik, karena baik akan membawa banyak kebaikan, membuat damai, tenang, aman dan nyaman.

  3. Ping-balik: Pengertian Akhlak dan Pembagiannya « BERPIKIR DAN BERZIKIR

  4. Ping-balik: Negara Perspektif Hukum Islam « Helianakomalasari's Blog

  5. Ping-balik: Negara Perspektif Hukum Islam « Helianakomalasari's Blog

  6. Sabda rosulullah SAW: Innama bu’its tu li utam mimma.. Makarimal akhlak. Artinya: sesungguhnya aku di utus untuk menyempurnakan Akhlak.

  7. akhlak merupakan manifestasi dari apa yang tersimpan dalam diri kita. Ibarat sebuah teko, kalau didalamnya isinya kopi maka otomatis akan mengeluarkan kopi

  8. thats right ,ternyata ahklak banyak sekali macam”nya,,,yah, beruntung saya membaca artikel ini ,Salam kenal dari kami Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14,janagan lupa mampir di website kami yah,,di NURUL-ILMI.COM oke,,

    • Sebenarnya hanya satu saja namanya akhlak, ada yang karimah (mulia/baik) ada yang mazhmumah (tercela/buruk) dalam hidup kira-kira itulah lingkungan kita untuk berbuat yang terbaik, semoga bisa memahami, insya Allah saya akan berkunjung

  9. Ada org yg prinsip hidupx bersemboyan ‘AKU HIDUP DGN CARAKU’ boleh2 aja sih asal tdk menganggu org lain dgn CARAX tsb coz hewan jg punya prinsip & semboyan “AKU HIDUP DGN CARAKU”

  10. Pendidikan dan agama yg kuat bukan alasan akhlak kita bisa lebih baik juga benar, Karena akhlak itu susah di pelajari tapi hanya bisa di lihat dan rasakan.

  11. Ping-balik: Akhlak, Karakter, Etika | Dimensi Aulia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s